SELAMAT DATANG MUSIM 2014-2015.

30 Oct

Celtics akhirnya menutup preseason dengan kemenangan atas Brooklyn Nets. Mencatat 5 kali menang dan 3 kali kalah menuju ke regular season.
Walaupun kita sudah di-PHP Wyc Grousbeck tentang adanya ‘fireworks in offseason’, sebenarnya Danny Ainge cukup pintar dalam membuat keputusan – keputusan di offseason. Namun sayangnya, seperti musim lalu, Rondo lagi – lagi melewatkan training camp dan preseason bersama Celtics, pada udah tau kan kenapa? Belum?? Tenang, ntar kita bahas kok…
 
Langsung aja kita mulai preview dari Celtics 14-15′ season
1. Key additions
The rookies
Sebagaimana kita tahu, Celtics mendapat PG/SG Marcus Smart & SG/SF James Young. Semangat membara Marcus Smart memang sangat cocok berada di Celtics berdasarkan sejarah. Terlebih lagi setelah tragedi penyerangan terhadap penonton semasa dia bermain di OSU. Menurut laporan yang diberikan, penonton tersebut memanggilnya dengan sebutan ‘trashy n****’, sontak saja pemain yang masih menahan sifat temperamental di masa lalunya agar tidak kembali itu melompat menuju bench dan mengejar penonton tersebut. Confrontation inside the game?
Terdengar familiar?
yup, mulai dari pertarungan legendaris antara Larry Bird dengan Dr. J sampai Rondo yang sering menentang keputusan wasit & terlibat dalam percekcokan dengan pemain lain, so yeah, Marcus Smart is so Celtic?
Selain semangat, nilai ++ nya adalah defensenya, size melebihi dari ukuran standar PG tentu jadi salah satu faktor utama. Lihat saja stat-nya saat summer league & preseason, berapa kali bikin susah lawan? Berapa kali steal? Buanyak. Soal skoring sih berdasarkan performanya di preseason cukup bagus dalam hal inside skoring, namun kayaknya dia harus menyadari bahwa dirinya bukan merupakan 3pt shooter, 3PT FG-nya selama preseason jelek banget.
James Young, tak perlu banyak saya jelaskan, kalo emang dia mampu memberikan performa seperti ketika dia masih di Kentucky, maka masa depan cerah di hadapannya. Toh performanya di preseason juga cukup memuaskan.
 
Evan Turner
Evan Turner akhirnya di-sign oleh Celtics sekitar 1 jam sebelum Media Day. Walaupun karir pendeknya selama di Pacers tidak berhasil baik, namun performanya di Sixers cukup baik. Berada di rebuilding team seperti Celtics menurut saya memberikan dia kesempatan emas untuk mencapai puncak dari permainannya dan menjadi legit star di NBA. Hal ini sudah sedikit terbukti pada preseason. Pada pertandingan preseason pertama melawan Sixers saja ia sudah mengejutkan para fans dengan hampir mencetak triple double (14poin 10rebound dan 6assist wow!), pada pertandingan – pertandingan selanjutnya ia juga tampil baik. Oiya, dia juga masuk dalam perundingan siapakah yang akan mengambil menit bermain Rondo di posisi PG hingga Rondo kembali.
Turner on PG? Why not?
 
Tyler Zeller
Awalnya saya berekspektasi tinggi pada Zeller karena dia satu – satunya legit center yang dipunyai Celtics saat ini selain rookie Dwight Powell, Vitor juga masih berusaha sembuh dari cedera lututnya, Joel Anthony juga sudah di trade dengan Will Bynum yang kayaknya akan di-waive oleh Celtics.
Performa Zeller di preseason sih masih bisa dibilang center yang ‘mentah banget’, walau beberapa pertandingan akhir dia menunjukkan pertanda baik, masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki, itu aja sih…
 
Marcus Thornton
What did i say? Celtics made a pretty smart move this offseason.Marcus Thornton salah satunya.
Kok bisa?
Buckets.
Simpel memang. Tapi ketidak-punyaan Celtics akan pemain seperti dia di bench musim lalu  untuk membantu offense adalah salah satu alasan utama Celtics finish dengan record buruk. Dan pemain yang berpotensi menjadi bench scorer musim lalu seperti Jordan Crawford, Bayless, Lee & Chris Johnson sudah tidak berada di tim ini lagi.
Kekuatan utamanya memang pada volume shooting, dan pada bench Celtics kali ini memang tidak ada yang lebih baik darinya dalam hal itu, tidak terkecuali Evan Turner yang notabene seorang corner 3 specialist. Pada pertandingan – pertandingan preseason yang lalu poin – poin yang dihasilkannya kebanyakan dari 3pt shooting. Bersama kawan sejak kecilnya, Bass, bukan tidak mungkin kalau saja mereka berdua akan menjadi sebuah ‘boost‘ untuk bench yang Celtics butuhkan pada musim ini.
 
2. Key Missing
  • Kris Humphries. Signed with Washington Wizards, oh Paul Pierce…..
  • Jerryd Bayless. Signed with Milwaukee Bucks.
  • Chris Johnson. Waived by Celtics & then signed by Philly 76ers. Untuk yang udah baca blog ini dari musim lalu, pasti tahu kenapa Chris Johnson saya masukkan kedalam ‘Key Missing’. Saya salah satu yang terkena demam Chris ‘MVP’ Johnson saat itu. Don’t blame me, he’s good.
3. Jersey!
Jersey away Celtics sekarang berubah lo! Tulisan “CELTICS” di depan kini berganti seperti masa lalu yaitu menjadi “BOSTON”.
Dan NBA sekarang memberikan patch kuning di kerah bagian belakang jersey untuk tim yang sudah pernah juara.
Kurang keren apa coba? Jelas, 17x NBA Champioooon!!
 
4. Rondooooooooo
 
Oalah ada – ada aja doo doo, pakek cedera segala.
ICYMI nih, Rondo cedera pada malam tanggal 30 September lalu, Baxter Holmes yang petama menyampaikan di twitter, seketika timeline saya membeludak waktu itu, banyak buanget yang komen, banyak yang sedih, ada yang seneng katanya biar memberi Smart peluang berkembang, ada yang bilang konspirasi (wtf?!). Saya sendiri sedih dong tentunya.
Selidik punya selidik ternyata Rondo cedera karena kepeleset di kamar mandinya saat mandi di malam hari, kalau dari artikel yang pernah saya baca sih, Rondo memang hobi banget mandi. Pernah waktu game-day dia mandi sampe 5 kali, jadi ya nggak kaget kalo dia mandi malem – malem. Btw Rondo juga seorang bathroom singer lho, katanya saat tragedi terjadi ia sedang menyanyikan “If this world were mine” oleh Luther Vandross.
Dan untuk hari ini (24/10) akhirnya Rondo diizinkan untuk menjalani full-contact practice pertamanya setelah operasi, dan ada sedikit kemungkinan bahwa ia bisa diperbolehkan untuk bermain di opening night!
Eits tunggu dulu, gak hanya berita cedera dari Rondo untuk kita para fans, ada juga berita yang cukup membahagiakan. Pada Media Day, akhirnya Rondo mendeklarasikan bahwa ia ingin berada di Celtics untuk seterusnya!! Long term!!

“The fans, the people here make me want to stay.”

😊😊😊
Sekarang menjadi terserah Danny Ainge untuk mau men-sign Rondo di 2015 ini max atau melepasnya. Menurut saya? Give him MAX! 
Celtics legend Bob ‘Houdini of the Hardwood’ Cousy pun bilang pada beberapa waktu lalu bahwa Rondo layak dipertahankan.“Guys like Rondo come along only every 20 years, So I would do everything I could to keep him.” Katanya.
You don’t want to lose a talent like that and get nothing for him. I’m a big Ainge fan. I think Danny has done an excellent job since he’s been there. He’s a hard worker, he’s a good guy, he’s smart. If he really thinks he’s going, then sure try to salvage something.” Tambahnya saat ditanya mengenai apa yang akan di lakukan Ainge.
 
Tuh, Bob Cousy aja setuju sama saya, masa kalian nggak?
 
 5. What To Watch During 2014-2015 Season
Ini yang penting nih, sedikit hal yang harus kalian perhatikan pada Celtics tahun ini.
  • Threepointerrsssssss
Kalau kalian melihat kedelapan pertandingan preseason yang lalu, pasti kalian sedikit terkejut dengan style bermain Celtics yang baru, yap, Treys! Celtics melesatkan sekitar 30an 3pt attempts per game preseason ini, sedangkan attempt tertinggi musim lalu? 26.6 oleh Houston Rockets.
Mulai dari Thornton, Bradley, Young, Turner, Green, Pressey, para bigman seperti Sully dan Olynyk, hingga Bass (YES! B-R-A-N-D-O-N B-A-S-S!!) juga berhasil melesatkan 3pt. Para bigman yang jago di luar garis tripoin memang selalu membuat saya excited, jelas sekali nilai plus buat mereka. Memang sih banyak resiko jika para pemain – pemain yang seharusnya bertugas mencari rebound di dalam malah bermain di luar, tapi apabila mereka cukup ditakuti sebagai legit 3pt shooter, hal ini bisa menarik bigman lawan untuk keluar dari paint area dan memberikan cukup space bagi para pemain – pemain yang akan cutting ke dalam dan menghasilkan poin tanpa harus takut akan ke-block.
Selain itu toh mereka tidak akan menghabiskan seluruh waktu bermainnya di luar. Masih belum yakin? Mau bukti? Jared Sullinger di 3 pertandingan akhir Preseason mencetak total 57poin dan diantaranya adalah 8-15 3PT Field goal sementara masih mampu melahap 44 rebound (2 diantaranya double-double) dengan hanya 28 MPG, bayangkan kalau dia bermain hingga 35-40an menit?? Like @MrTrpleDouble10 said, should we call him ‘Jared Lovenger’ now? Semoga saja hal ini tetap berlanjut di regular season. I love this kind of play.
  • Sully-Kelly duo at 4 & 5
Lagi – lagi bigman, masalah yang dibawa Celtics sejak musim lalu akan kurangnya legit center memang belum hilang. Saya sudah semakin yakin bahwa Kelly Olynyk bakal menjadi starting center Celtics musim ini, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya Zeller masih banyak yang perlu dikembangkan sementara Vitor masih pusing dengan cederanya. Yang spesial dari duo ini memang kemampuan 3pt dan passing skill yang diatas rata – rata jika dibandingkan dengan bigman lain, semoga saja 2 hal itu mampu mengatasi power dari Dwight Howard, Marc Gasol, dan lain – lainnya.
  • Jeff Green BIG season or final season with Celtics?

Jeff Green memang pemain penuh talenta yang pada suatu pertandingan ia bisa mencetak 40+ poin & terlihat seperti legitimate star sementara pada malam lainnya hanya mencetak single digit point dan memiliki field goal yang kacau banget. Ya, konsistensi adalah problem utama Jeff Green dari musim lalu.

Tidak mungkin kalau dia tidak mendengar percekcokan dan desas – desus tentang betapa tidak konsistensinya dia dalam pertandingan demi pertandingan, dan tidak mungkin juga kalau dia tidak mau melakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Jadi begitulah alasan yang membuat saya percaya kalau ini bakal menjadi BIG season untuk Jeff Green dalam menjadi 1st option dalam hal skoring Celtics. Tapi kalau ternyata harapan saya salah dan Jeff Green tetap tidak konsisten, maka dengan datangnya 2015 Free Agencies yang katanya didalamnya banyak pemain yang menjadi incaran Celtics, Green mungkin saja akan ditrade ke tim lain hanya sekedar untuk mendapatkan cap space yang cukup untuk me-sign pemain lain yang bakalan cocok dengan Rondo dan sistem Brad Stevens tentunya.
Size, Length, Vertical, Shooting, Defense, agaknya semua sudah dimiliki Jeff Green, dan modal itu sebenarnya sudah cukup untuk menjadikannya sebagai All-Star jika ia mampu mengoptimalkannya. Saya juga bingung kenapa hingga musim lalu saat ia seharusnya menjadi first option dengan hilangnya Pierce, ia malah kesusahan dengan fokus, efisiensi dan konsistensi.
Untungnya bagi Green, Wallace siap membantunya untuk menjadi Allstar, yap, pemain 32 tahun itu yang mungkin kita pikir tidak ingin berada dalam rebuilding team malah tidak ingin pergi kemana – mana dan ingin membantu Jeff Green untuk terpilih sebagai All-Star.
“For this to be a successful season for me would be for him to go to the All-Star Game. That’s one of the things that I’ve been pushing. Me and him have been talking about it. I’ve been trying to give him ideas and things he can do to improve his game out on the court.”– Gerald Wallace on Jeff Green.
 
6. Overview, Best & Worst Case Scenario
Hingga saat ini Jumlah roster Celtics masih lebih dari 15; Rajon Rondo, Avery Bradley, Jeff Green, Jared Sullinger, Kelly Olynyk, Marcus Smart, Evan Turner, Brandon Bass, Marcus Thornton, James Young, Phil Pressey, Tyler Zeller, dan Gerald Wallace nampaknya dapat dipastikan tidak akan mengalami roster cut, dan berarti diantara Dwight Powell, Vitor Faverani, Rodney McGruder, Tim Frazier, Erik Murphy, Chris Watford, Will Bynum, dan Jarell Eddie akan ada yang mengalami roster cut dan hanya menyisakan 2 pemain untuk bermain dengan Celtics di regular season ini, Prediksi saya sih rookie Dwight Powell dan Vitor yang akan tetap bermain dengan Celtics.
 
Projected Starting Lineups & Depth Chart (Once Rondo Returns) :
PG Rajon Rondo – Marcus Smart – Phil Pressey
SG Avery Bradley – Marcus Thornton – James Young
SF Jeff Green – Evan Turner –  Gerald Wallace
PF Jared Sullinger – Brandon Bass – Dwight Powell
C Kelly Olynyk – Tyler Zeller – Vitor Faverani
  • Worst Case Scenario

Celtics frontcourt kalah dominasi oleh tim lain, performa Celtics tidak meningkat dari musim lalu, Rondo hampir frustasi berada dalam tim yang cukup buruk, finish 4th/5th worst, no new good free agents.

  • Best Case Scenario

Everybody loves the best case scenario, so here’s mine.

Rondo being Rondo, making more Triple Doubles with much improved shooting, Sully & Kelly bermain seperti yang diharapkan, Jeff Green berada dalam breakout seasonnya dan terpilih sebagai allstar, semua pemain tetap sehat dan memberikan yang terbaiknya sehingga Celtics mampu finish dengan record cukup baik dan mungkin berada di 7th / 8th seed or better, Rondo memutuskan sign max dengan Celtics dan banyak Free Agents berkualitas yang mau bermain dengan Rondo dan memutuskan join dengan Celtics.
 

“I’m pretty smart, I know this isn’t a championship team. But we’re going to go out there every night and fight hard” – Rajon Rondo

Update:

Celtics finally waived 6 players :
– Will Bynum, 6’0″ Guard
– Tim Frazier, 6’1″ Guard
– Rodney McGruder, 6’4″ Guard
– Erik Murphy, 6’10” Forward
– Chris Watford, 6’9″ Forward
– Jarrell Eddie, 6’7″ Guard/ Forward

Roster Celtics kini pas berjumlah 15.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: