The Return

20 Jan

rondo twit

Ketika twit Rajon Rondo yang isinya “29,233,380 secs” muncul, para penggemar Celtics banyak yang bertanya-tanya. Apa artinya? Kalau dikonversikan ke dalam hitungan hari, berapa harikah 29.233.380 detik? Untungnya, sebelum saya sempat menghitung, Baxter Holmes dari Boston Globe sudah lebih dulu membahas arti twit tersebut. Menurutnya, jumlah detik tersebut sama dengan 338 hari atau jumlah hari dari operasi lutut Rondo sampai ke tanggal 17 Januari 2014. Tanggal di mana Celtics akan menjamu Lakers di TD Garden. Artinya, Rondo akan kembali bermain setelah hampir setahun absen gara-gara cedera ACL.

Arti Rondo Bagi Celtics Saat Ini

Rondo adalah satu-satunya pemain yang tersisa dari tim juara 2008. Rondo juga merupakan satu-satunya pemain yang tersisa dari tim Celtics 2010 yang masuk ke Final NBA. Rondo sudah merasakan dua kali final NBA. Rondo adalah jembatan antara tim juara dan tim musim ini yang sedang dalam tahap rebuilding.

Kembalinya Rondo tentu membawa harapan baru bagi Celtics yang saat ini baru memenangkan 14 dari 41 laga yang sudah dijalaninya. Apalagi Setelah Kevin Garnett pindah ke Brooklyn, Celtics kehilangan pemimpin spiritualnya. Sebagai “Sang Jembatan” (julukan yang jelek, tidak akan saya pakai lagi sampai kapanpun), maka tampuk kepemimpinan secara otomatis akan jatuh ke Tangan Rondo. Di musim lalu, banyak kritik yang meragukan kepemimpinan Rondo. Terutama karena banyak yang menilai bahwa emosi Rondo masih labil. Apalagi setelah kejadian dia mencakar Kris Humpries yang sekarang malah jadi teman setimnya (talking about irony). Tapi dia adalah satu-satunya yang pantas untuk jadi pemimpin saat ini.

Itulah kenapa kembalinya Rondo disambut dengan mentahbiskan Si Bengal ini menjadi Kapten Celtics. Kapten ke-15 sepanjang sejarah Celtics. Sebelum Rondo, Paul Pierce menjadi kapten dari 2003 sampai 2013. Sebelum Pierce, banyak nama besar yang menyandang predikat kapten tim legendaris ini. Sebut saja Bill Russell, Bob Cousy, dan Lary Bird. Keputusan manajemen Celtics untuk menyandingkan Rondo dengan tiga nama tersebut adalah tepat. Tapi, masih perlu pembuktian.

Sumber: nba.com

Sumber: nba.com

Rondo dan Assist

Saat ini pemegang assist terbanyak di Celtics adalah Jordan Crawford dengan 5,7 assist per game. Melihat statistik tersebut mengingatkan saya saat Rondo membuat 10 assist atau lebih dalam 37 pertandingan berturut-turut di musim lalu. Rekor sama hanya dipegang oleh John Stockton dan hanya dilampaui oleh Magic Johnson (nama terakhir membuat 10 assist atau lebih dalam 46 pertandingan). Wajar kalau semua fans Celtics kemudian mengharapkan banyak assist cantik akan kembali mewarnai pertandingan Celtics. Sayangnya, kita juga harus sadar bahwa kita tidak bisa terlalu berharap besar. Di awal-awal kembalinya dia ke NBA, Rondo pasti masih belum “panas”. Belum lagi trauma yang dialami lututnya mau tak mau pasti punya dampak psikologis. Satu hal yang tak boleh kita lupakan adalah, Rondo mengalami tipe cidera yang sama dengan yang dialami Derrick Rose. Jangan lupakan juga bahwa setelah mengalami cidera di lutut kiri, saat ini Derrick Rose mengalami cidera lutut lagi. Kali ini di lutut kanannya.

Setelah Satu Pertandingan

Berikut beberapa catatan dari pertandingan pertama Rondo di musim ini:

1. Rondo hanya bermain 19 menit. Seperti yang sudah diisukan, waktu bermain Rondo hanya dibatasi maksimal 20 menit.

2. Empat assist, delapan poin, dan dua steal.

3. Satu assist cantik ke Kris Humrpries. Kita sebut saja ini dengan “assist perdamaian”. Sungguh profesional dua orang ini.

4. Masih kurang hustle. Rondo yang dulu masih belum kembali sepenuhnya.

5. Dua percobaan tembakan pertama berakhir dengan kegagalan. Bahkan salah satunya berakhir dengan air ball. Tidak apa-apa, Rondo. Anggap saja buang sial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: