Catatan Pertandingan Minggu Ke-13 Musim 2012-2013

27 Jan

BOS @ DET 20 JANUARI 2013

Pistons (103) vs Celtics (88)

Sumber: celtic-nation.com

Sumber: celtic-nation.com

Pertandingan ini berlangsung pada hari Minggu waktu setempat. Pada hari Kamis sebelumnya, Pistons baru saja melakoni pertandingan di London melawan Knicks. Pistons kemudian diberi waktu istirahat satu hari pada hari Jumat dan kemudian melakukan latihan pada hari Sabtu. Perbedaan waktu 5 jam dari London harusnya jadi satu keuntungan bagi Celtics. Pasti ada faktor jet lag dan lain-lain yang dirasakan Pistons.

Celtics sempat tertinggal 18 poin. Usaha Celtics untuk mengejar ketertinggalan tersebut cukup baik hingga sampai akhir quarter ke-2 Pistons hanya unggul 4 angka (48-52). Kedua quarter berikutnya diakhiri dengan keunggulan Pistons. Setelah pertandingan ini, Celtics telah kalah 20 kali dan menang 20 kali.

POIN CELTICS VS PISTONS

Maksud saya dengan judul di atas adalah perbedaan poin individual antara kedua tim. Ada 6 pemain Pistons yang mencetak 10 angka atau lebih. Sedangkan hanya ada 4 pemain Celtics yang melakukan hal serupa. Apakah yang terjadi?

Faktor home court advantage pasti ada. Saya tidak bisa terlalu menyalahkan defense. Sebab jumlah turnovers juga tak terlalu jomplang. Kalau ingin menyalahkan lemahnya defense di daerah keyhole seperti pada pertandingan melawan Hornets juga tidak bisa. Sebab, tembakan Pistons yang membuahkan angka tak terkonsentrasi di daerah keyhole.

Home court advantage. Sepertinya itulah alasan kemenangan Pistons kali ini.

Mungkin juga motivasi Celtics yang tiba-tiba menghilang?

Mungkin juga assist Rondo yang jumlahnya 15 tersebut sebenarnya bukanlah yang dibutuhkan oleh Celtics saat ini. Mungkin Rondo harus lebih banyak menembak.

Hmmmmm….

BOS @ CLE 22 JANUARI 2013

Cavaliers (95) vs Celtics (90)

Sumber: bostonglobe.com

Sumber: bostonglobe.com

Kalah tetaplah kalah. Tapi defisit 5 angka pastilah lebih baik daripada 15 angka di pertandingan sebelumnya. Peringkat Cavaliers memang lebih rendah daripada Pistons. Sehingga, di atas kertas, seharusnya Pistons lebih sulit dikalahkan dari pada Cavaliers.

Sepertinya banyak yang tidak setuju dengan pernyataan saya setelah ini. Tapi menurut saya, Rondo perlu menembak lebih banyak. Lebih banyak mengambil peran menjadi scorer.

I HATE YOU KYRIE

Kyrie Irving saperti mengalahkan Celtics sendirian. Pemain ini membuat 40 poin dan 5 assist. Tak heran kalau Kyrie masuk ke jajaran pemain All StarWeekend tahun ini untuk pertama kalinya.

Di kubu Celtics, Rondo bermain sangat baik dengan 17 poin, 13 rebound, dan 8 assist. KG, Pierce, dan Sully menyusul dengan masing-masing 16, 12, dan 12 poin. Mesin rebound Sully tampaknya bekerja dengan baik dalam pertandingan ini. Sully mengumpulkan 10 rebound. Andai saja hal itu tidak diikuti oleh 6 personal foul. Andai saja, Sully.

NYK @ BOS 24 JANUARI 2013

Celtics (86) vs Knicks (89)

Sumber: redsarmy.com

Sumber: redsarmy.com

PERTANDINGAN PALING DITUNGGU MINGGU INI!!! Saya memang butuh huruf kapital dan tiga tanda seru untuk menggambarkan betapa saya menanti-nantikan pertandingan ini. Harus diakui bahwa manusia adalah mahluk yang menggemari drama. Pertandingan ini punya potensi drama yang besar. Sekedar mengingatkan, KG dituduh menghina istri dari Melo pada pertemuan mereka sebelumnya. KG dituduh mengejek dengan mengatakan bahwa istri Melo “rasanya” seperti Honey Nut Cheerios. Saya tidak suka ejekan ini. Saya tidak suka karena saya tak tahu bagaimana rasanya Honey Nut Cheerios itu. Seandainya KG menggunakan lemper atau nagasari dalam ejekannya…

MELO SAYANGNYA MENGGILA

Sayangnya Melo menggila dalam pertandingan ini. Sendirian Melo membuat 28 poin dan 9 rebound. Amar’e Stoudamire juga tampil baik dengan 15 poin dan 9 rebound. Sedangkan di tim Celtics, Rondo dan Pierce bermain baik. Masing-masing mengumpulkan 23 dan 22 angka. Senang melihat Pierce masih tampil baik meskipun harus melawan penjagaan yang ketat dari J. R. Smith.  Mesin rebound Sully tampaknya kurang panas di pertandingan ini. Sully hanya membuat 3 rebound dalam 15 menit permainannya. Rondo malah mengumpulkan 10 rebound.

JADI BAGAIMANA GARNETT-MELO?

Tampaknya mereka sudah berbaikan. Tak ada drama di pertandingan ini. Bahkan mereka sempat toss-toss-an sebelum jump ball. Hanya saja pada quarter ke-2, Melo sempat terkena blok KG. Blok papan. Saya puas melihatnya. No drama but on block to the board. Enough said.

BOS @ ATL 25 JANUARI 2013

Hawks (123) vs Celtics (111)

Pemenang pertandingan ini sampai perlu ditentukan melalui dua kali over time. Tembakan fade away dari Pierce harusnya bisa menutup OT pertama dengan kemenangan Celtics. Sayangnya, tembakan tersebut bahkan tak menyentuh ring. Dalam pertemuan kedua tim ini sebelumnya, Hawks sempat unggul 19 angka sebelum Celtics mengalahkan mereka 89-81. Keadaan berbalik kali ini. Celtics yang sempat unggul 27 angka berbalik dikalahkan Hawks 12 angka.

Ya begitulah…

ASHTON KUTCHER
Sumber: sbnation.com

Sumber: sbnation.com

Kyle Korver alias Ashton Kutcher bermain luar biasa. Ashton….maksud saya… Korver membuat 27 poin. Kyle membuat delapan kali three-point.

Setelah pertandingn ini, maka rekor menang-kalah Celtics adalah 20-23 dan berada di peringkat ke-8 Eastern Conference.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: