Catatan Pertandingan Minggu ke-12 Musim 2012-2013

20 Jan

CHA @ BOS 14 Januari 2013

Celtics (100) vs Bobcats (89)

Sumber: sportsmemes.com

Sumber: sportsmemes.com

Salahkah saya kalau saya agak malas menulis mengenai pertandingan ini? Sombongkah saya? Pertandingan ini seperti sudah diramalkan akan berakhir dengan kemenangan Celtics. Tahun lalu, Celtics menyapu bersih semua pertandingannya dengan Bobcats. Bobcats tidak pernah menang dari Celtics di musim lalu.

“Tapi itu kan musim lalu, bro?”

“Ah masa?”

Rondo pernah mengeluhkan bagaimana Celtics menjadi tim 0.5. Artinya, Celtics masuk dalam jajaran tim yang hanya menang 50% dari keseluruhan pertandingan di musim ini. Tapi Bobcats adalah tim 0.2. Artinya, dia hanya menang sekali tiap 5 kali pertandingan.

Maka cukuplah alasan saya untuk sombong.

TRIPLE DOUBLE

Rondo membuat triple-double ketiganya dalam musim ini. Malam itu dia membuat 17 poin, 10 rebound, dan 12 assist. Pierce dan Bradley juga bermain baik dengan 19 dan 16 poin. Jared Sullinger yang dalam pertandingan ini “berhasil” membuat 5 personal foul tampak kurang beringas di urusan rebound. Sully hanya membuat 5 rebounds. Untung saja kakak KG bisa menutupi kekurangan ini dengan membuat 10 rebound.

KATA MAMA JANGAN SOMBONG

Ya benar. Apa yang mama saya bilang memang benar adanya, bro. Setelah sempat sombong dengan kepastian akan supremasi Celtics terhadap Bobcats, saya disuguhi dengan pertandingan yang…terkesan…naik-turun. Saya setuju dengan pernyataan @RedsArmy_John yang mengatakan “C’s stormed out to a big lead, lost it, nearly blew it, but never gave it up.”

Setuju, Jon.

NOH @ BOS 16 JANUARI 2013

Celtics (78) vs Hornets (90)

Sumber: ESPN

Sumber: ESPN

Setelah 6 kemenangan berturut-turut, Celtics harus menelan bulat-bulat kekalahan dari New Orleans Hornets. Kenapa saya katakan “menelan bulat-bulat”? Karena Doc Rivers badannya bulat. Tak seperti Austin Rivers, anak dari Doc yang kebetulan bermain untuk Hornets di posisi shooting guard. Austin Rivers berbadan kekar dan atletis.

Malam itu sang anak mengalahkan sang ayah. Austin Rivers mencetak 8 poin dan 1 assist. Persentase tembakannya adalah 50% field goal dan 50% dari garis free throw. Not bad, kid.

APA YANG SALAH?

Ketika mencoba menganalisa mengenai apa yang salah dari performa Celtics malam ini, saya menyalahkan kurangnya percobaan tembakan oleh Celtics. Namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi oleh data pada statistik pertandingan. Jumlah percobaan tembakan Celtics dan Hornets tidak jauh berbeda. Celtics mencoba melakukan 74 tembakan dua angka, 18 tembakan tiga angka, dan 16 percobaan tembakan bebas. Sedangkan hornets mencoba melakukan 71 tembakan dua angka, 17 tembakan tiga angka, dan 31 percobaan tembakan bebas. Perbedaan yang signifikan hanya bisa dilihat pada jumlah free throw.

Jumlah free throw yang banyak adalah hasil dari foul yang banyak. Sedangkan salah satu penyebab banyaknya jumlah foul adalah jumlah drive yang banyak dari tim lawan. Bisa juga disebabkan oleh kecenderungan lawan untuk melakukan percobaan tembakan di dalam daerah key hole Apakah benar seperti itu?

Lihat saja sekilas shot-chart di bawah. Lihat betapa tersebarnya tembakan Celtics di seluruh daerah penyerangan. Lihat juga betapa tembakan dari Hornets terkonsentrasi di sekitar daerah key hole. Tembakan-tembakan di daerah itulah yang memancing terjadinya foul. Tembakan tembakan seperti itulah yang membuat Hornets bisa memperoleh 31 kesempatan untuk menembak di garis free throw dan memasukkan 16 di antaranya. Kita dibantai oleh banyaknya tembakan jarak dekat dari Hornets. Itulah kesimpulan saya.

Sumber: espn.go.com

Sumber: espn.go.com

CHI @ BOS 18 JANUARI 2013

Celtics (99) vs Bulls (100)

Sumber: nbcchicago.com

Sumber: nbcchicago.com

Tidak adanya Avery Bradley di pertandingan ini harusnya menjadi kekhawatiran tersendiri. Apalagi setelah banyaknya hal-hal baik yang dibawa AB untuk defense Celtics pasca kesembuhannya.  AB terpaksa diistirahatkan karena mangalami cedera rusuk.

Pemenang pertandingan ini harus ditentukan melalui over time. Tembakan fade-away dari Marco Belinelli di 3 detik terakhir adalah penyebab Bulls bisa unggul 100-99. Tembakan dari posisi badan yang aneh itu.

GETTING RIPPED BY RIP

Absennya AB membuat Rip Hamilton merajalela. Sebenarnya saya tak suka menuliskan hal ini. Sebab seakan saya mengatakan bahwa yang bisa menghentikan Rip hanya AB. Tapi kenyataannya, Rip bermain post-up dan menggunakan tinggi badannya (6’7’’) melawan Terry (6’2”), Barbosa (6’3”), dan Rondo (6’1”). Dalam pertandingan ini Rip mencetak 20 poin.

Hal yang membuat saya gembira adalah 15 rebounds dari Sully. Paling tidak Sully sudah melakukan tugas yang diberikan kepadanya dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: