Catatan Pertandingan Minggu Ke-11 Musim 2012-2013

13 Jan

BOS @ NYK 7 JANUARI 2013

Knicks (96) vs Celtics (102)

Saya selalu merasa keren kalau bisa menang di Madison Square Garden (yang disingkat dengan MSG meskipun tidak ada hubungannya dengan mie instan). Satu hal yang lebih keren lagi mengenai kemenangan ini adalah: Boston sedang Rondo-less. Rajon Rondo sedang dihukum satu pertandingan karena melakukan bumping kepada wasit saat melawan Atlanta Hawks di pertandingan sebelumnya.  Si Rondo sepertinya hobi sekali melakukan kesalahan ini. Musim lalu juga dia sempat dihukum satu pertandingan karena kesalahan yang sama. Sebenarnya pelanggaran ini sempat luput dari perhatian NBA. Namun GM dari Hawks, Danny Ferry, mengadukan pelanggaran ini ke NBA dan bahkan menunjukkan videonya. Anehnya, si Danny Ferry juga didenda $15.000 karena mengadukan hal ini. Ternyata NBA punya kebijakan sendiri yang melarang komunikasi dengan wasit dan official setelah pertandingan selesai.

BRADLEY AND GREEN

Pierce mencetak 23 poin dan KG mencetak 19 poin. Tapi satu hal yang tampaknya luput dari perhatian adalah kiprah dari Green dan Bradley di pertandingan ini. Bradley yang menggantikan peran Rondo mencetak 13 poin dan 5 assist. Sedangkan Uncle Jeff Green membuat 16 poin.

KG VS MELO

Drama terjadi lagi. Kali ini pemerannya adalah KG dan Melo. Aksi saling memanasi sudah terjadi sejak quarter 4 tersisa sepuluh menit lebih. Semua dimulai dari aksi “peluk-pelukan mesra” mereka di bawah ring pada saat sama-sama akan melakukan rebound. Beberapa kali sempat terjadi perang mulut. Lalu entah bagaimana caranya, Melo terlibat aksi dorong-dorongan yang mengakibatkan Melo sampai terjungkal dengan posisi ini (lihat gambar).

Image

Sumber: ESPN

Pasca pertandingan, Melo sempat mendatangi locker room Celtics. Namun dihalangi oleh petugas keamanan. Karena tak puas, Melo lalu mendatangi bus Celtics. Untung saja petugas keamanan (yang ukuran badannya jauh lebih kecil daripada Melo) terus menghalang-halangi Melo.

Untuk kasus ini, Melo dihukum satu pertandingan. Dia tidak akan membela Knicks saat melawan Pacers di pertandingan berikutnya.

PHO @ BOS 9 JANUARI 2013

Celtics (87) vs SUNS (79)

Kemenangan ini adalah milik para bench player. Tiga pencetak angka terbanyak di pertandingan ini adalah Green, Terry, dan Sullinger. Berturut-turut mereka mencetak 14, 13, dan 12 poin. Seakan mereka adalah Big Three-nya para cadangan.

REBOUND MESSIAH?

Setelah pertandingan ini, saya makin yakin kalau masa depan rebound Celtics ada di tangan Sullinger. Sepertinya pemain inilah yang bisa membalas segala olok-olok mengenai rebound Celtics di musim lalu. Sullinger membuat 16 rebounds malam itu. Terdiri dari 11 defensive dan 5 offensive rebounds. Sully adalah pengumpul offensive rebounds terbanyak malam itu. Semua pemain basket tahu bagaimana sulitnya melakukan offensive rebounds dibandingkan defensive rebound. Ini adalah berita baik.

JEFF GREEN THE IRON MAN
Image

Sumber: ESPN

Tepat setahun yang lalu Jeff Green menjalani operasi jantung yang menyebabkan ia tak bisa bermain selama musim 2011-2012. Setelah menjalani rehabilitasi, Green menandatangani kontrak empat tahun sebesar $36 juta. Tiga ratus enam puluh tiga hari setelah operasinya, Green membuat dua dunk yang menggetarkan jaring Madison Square Garden di quarter 2. Tiga ratus enam puluh lima hari kemudian dia mencetak 14 poin, 3 rebound, 1 steal, dan 1 blok saat melawan Phoenix Suns. Poin terbanyak dibandingkan semua Celtics pada malam itu. Tidak salah kalau teman-teman satu timnya memanggil dia Iron Man. Jeff Green is a story of survival. “I don’t cry, but it was [emotional],” said Green after the game that night.

HOU @ BOS 11 Januari 2013

Celtics (103) vs Rockets (91)

Setelah kemenangan ini, maka Celtics baru saja membukukan kemenangan berturu-turut terpanjangnya. Celtics sudah menang di 5 pertandingan terakhirnya. Semoga dan semoga tidak berhenti sampai pertandingan ini saja.

AVERY BRADLEY VS SI JENGGOT

Si Jenggot dari tim tetangga sudah 14 kali membuat minimal 25 poin dalam satu pertandingan. Harusnya pertandingan ini adalah kali ke-15 dia membuat 25 poin atau lebih. Tapi, karena penjagaan Avery Bradley yang baik, James Harden hanya membukukan 24 poin.

Di pertandingan ini Rondo membuat 8 assist. Sebenarnya saya sedikit merindukan Rondo dengan assist-nya yang lebih dari 10. Tapi, setelah dipikir-pikir, tak ada gunanya juga kalau sudah susah-susah membukukan 10 assist tapi kalah. Ya sudahlah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: