Catatan Pertandingan Minggu Ke-10 Musim 2012-2013

6 Jan

MEM @ BOS 2 JANUARI 2012

CELTICS (83) vs GRIZZLIES (93)

Sumber: AP Photo: Steve Yeater

Sumber: AP Photo: Steve Yeater

We are back! Kembali setelah sempat absen selama dua minggu. Banyak yang terjadi selama dua minggu. Tapi berita terbesar adalah kalahnya Celtics selama 4x berturut-turut (termasuk dalam pertandingan ini). Ada satu komentar di suatu situs fans club Boston Celtics yang saya rasa pantas menjadi rangkuman dari kegelisahan para penggemar. Seseorang yang bernama Catterpillar menulis

“The problem is all here. They just don’t look as a team, but as a bunch of guys wearing the same shirt, that’s what scares me most when I see C’s playing. Terry, Green, Lee.. they all look careless during the game, not even after.

This team is not going anywhere, no switch will be happening.

Blow it up now, Danny.”

Yes, Danny. Blow it up. Ada perubahan besar yang harus dilakukan.

AVERY BRADLEY

Doa kita terjawab. Avery Bradley sudah kembali. Senang rasanya melihat ada satu lagi point guard di tim ini. Perolehan statistik AB dalam pertandingan ini tidak terlalu luar biasa. Bermain selama 19 menit dan 31 detik, AB hanya mengumpulkan 4 poin dan 1 steal. Mengecewakan? Tentu tidak. Sebagai fans Celtics dan orang Indonesia sejati yang hobi memaklumkan segala sesuatu, maka saya maklum dengan penampilannya di pertandingan ini. Ya namanya juga baru sembuh cedera. Perlu penyesuaian. Tapi penyesuaiannya jangan lama-lama ya, Brad. Please….

CELTICS ARE NOT ON THE SAME PAGE

Judul di atas adalah kata-kata yang ditulis oleh Boston Globe. Pernyataan yang dipicu oleh berita mengenai perbedaan pendapat antara beberapa pemain senior Celtics. Terus terang saya agak bingung membaca berita-berita mengenai hal ini. Namun saya akan coba merangkumnya sebisa saya.

KG adalah pemimpin spiritual di Celtics. Bukan rahasia lagi kalau kemanangan adalah segalanya buat KG. KG adalah anak kecil yang terkurung di tubuh orang dewasa. Anak kecil yang selalu ingin menang dan bahkan akan merengek saat kalah. That’s what makes KG so good at basketball. Dia tidak senang dengan siapapun yang bercanda mengenai kekalahan Celtics di locker room. Sayangnya, beberapa pemain Celtics (yang namanya tak saya temukan) senang bercanda mengenai kekalahan tim ini. Bukan hanya itu. Bahkan Pierce masih percaya dengan kekuatan legacy dari Boston. Pierce percaya bahwa tradisi juara Boston akan, somehow, membawa mereka melewati kekalahan berturut-turut ini. Pendapat keduanya berbeda. KG ingin bekerja keras membuat perubahan dan “memaksa” pemain-pemain muda untuk step up. Sedangkan Pierce masih percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Saya harus setuju dengan KG dalam hal ini.

Tapi begitupun, 17 poin dan 7 rebound Pierce masih membuktikan bahwa ia masih akan terus bekerja keras untuk tim ini.

IND @ BOS 4 Januari 2012

CELTICS (94) vs PACERS (75)

Sumber: Charles Krupa / AP

Sumber: Charles Krupa / AP

Hore menang!

Ini adalah pertandingan yang menyenangkan. Apalagi kalau kita lihat hanya dari statistik Celtics. Manusia-manusia yang biasa membuat poin melakukan tugasnya dengan baik. KG dengan 18 poin, Pierce dengan 13 poin, dan Rondo dengan 18 poin. Kemudian, ada kejutan dari Courtney Lee dengan 13 poin miliknya. Sullinger, yang diharapkan jadi mesin rebound, membuat 10 rebounds. Pertandingan ini menyenangkan.

EJECTED

Saat pertandingan ini berlangsung, saya berjanji pada diri saya sendiri untuk tidak menulis apapun mengenai KG. Sebab hampir ada KG di semua catatan pertandingan. Begitu saya berjanji pada diri saya sendiri, begitu pula tiba-tiba KG dikeluarkan wasit dari pertandingan. Terpaksalah peman ini saya bahas lagi.

Ketika pertandingan tinggal tersisa 8 menit 24 detik lagi, KG melakukan foul keras kepada Tyler Hansbrough. KG berusaha mencuri bola dari Hansbrough yang akan melakukan percobaan tembakan di bawah ring. Sayangnya, bukan hanya bola, tapi wajah dari Hansbrough juga terkena pukulan keras dari KG.

Satu hal yang lucu adalah ketika Hansbrough ditanya apakah KG meminta maaf kepadanya. Jawaban Hansbrough adalah “KG apologize? Are you from here?”

Hansbrough mencetak 19 poin malam ini. Lebih banyak dari pemain Pacers lainnya.

BOS @ ATL 5 Januari 2012

HAWKS (81) vs CELTICS (89)

Hore menang lagi!

Sumber: Howard Smith-US PRESSWIRE

Sumber: Howard Smith-US PRESSWIRE

MR TRIPLE DOUBLE

Rajon Rondo alias Mr. Triple Double membuat triple double dalam pertandingan ini. Rondo mencetak 14 poin, 10 assist, dan 11 rebound. Sepertinya ini adalah jawaban Rondo terhadap keinginan Doc agar ia bermain lebih agresif. Dalam suatu wawancara Doc mengomentari Rondo dengan

“We need him to get in the open court, attack the basket, look for baskets in transition instead of guys shooting threes that aren’t going in. And that’s something we’ve just got to keep pushing.”

Selain Rondo, Pierce juga bermain baik dengan 26 poin yang dicetaknya.

QUARTER 3

Celtics berhasil menahan Hawks di quarter ke-3. Sedemkian berhasilnya sehingga Hawks hanya membuat 9 angka dan Celtics mencetak 33 angka! Celtics sempat tertinggal 19 poin ketika quarter dua tinggal 6 menit lagi. Namun quarter 3 yang luar biasa tersebut membuat mereka berhasil unggul untuk pertama kalinya di pertandingan ini.

ESPN menulis “The Hawks’ nine points in the third were a season low by a Boston opponent.”

Mudah-mudahan ini adalah keluarbiasaan yang bisa diulangi. Kita butuh lebih banyak kemenangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: