Catatan Pertandingan Minggu Ke-4 Musim 2012-2013

25 Nov

BOS @ DET 18 NOVEMBER 2012

PISTONS (103) vs CELTICS (83)

Sumber: detroit.cbslocal.com

Pertandingan ini adalah salah satu pertandingan dalam rangkaian 5 pertandingan dalam 7 hari. Dengan kata lain, Celtics hanya punya dua hari untuk beristirahat selama seminggu. Parahnya lagi, hanya ada 2 pertandingan kandang. Kelelahan adalah isu utama yang terjadi di pertandingan ini. Terbukti dengan hanya masuknya 4 tembakan 3 angka Celtics dari 17 kali percobaan. Bahkan Paul Pierce hanya memasukkan 5 dari 13 tembakan tiga angkanya (38%). Sekedar informasi, persentase tembakan tiga angka Pierce di musim ini adalah 42%.

JARED SULLINGER

Seorang teman, penggemar setia Chicago Bulls dan Paul Pierce (entah kenapa dia sampai punya kombinasi idola seperti itu), mengatakan sesuatu yang lucu mengenai Jared Sullinger. Katanya, “Nomor 7 mainnya bagus dan ga rempong macam Garnett.” Oke, mungkin ini seperti meremehkan Garnett. Sebab, saya yakin Garnett rempong karena semua yang menjaganya juga rempong. Garnett adalah Garnett dan Sullinger adalah Sullinger. Semua orang takut dengan Garnett dan belum takut dengan Sullinger. Semua pemain basket akan menjaga pemain lain yang ditakutinya dengan lebih rempong (baca: lebih niat). Hanya saja, 16 poin dan 5 rebound yang dibuatnya di pertandingan ini adalah peringatan buat semua yang akan menjaga Sullinger. Saatnya kalian untuk lebih rempong. Serius.

Saya hentikan pembahasan mengenai Sullinger sampai di sini. Terlalu banyak kata rempong untuk satu tulisan. Lagipula, ini adalah blog Boston Celtics, bukan blog mengenai kecantikan (mengerti?).

JADWAL PERTANDINGAN

Saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk move-on dan berhenti membicarakan mengenai kekalahan terbesar di musim ini. Lagipula, tak ada yang terlalu luar biasa dan terlalu buruk untuk dibahas mengenai pertandingan ini. Kelelahan adalah isu utama. Melihat jadwal Celtics musim ini, ternyata ada satu lagi jadwal gila yang akan dihadapi oleh Celtics. Pada 19-25 February 2012, Celtics akan menghadapi (berturut-turut): Nuggets , Lakers, Suns , Blazer, dan Jazz. Semuanya adalah pertandingan tandang. Saya rasa ini akan jadi perjalanan terberat Celtics selama musim ini.

Saatnya kita berdoa. Mulai sekarang.

SAN @ BOS 21 NOVEMBER 2012

CELTICS (100) vs SPURS (112)

Sumber: boston.sbnation.com

Saya mulai dengan mengutip perkataan Doc

“… the way we were playing defense, you’re not going to get a stop, you’re not going to win a game.”

Rasanya kalimat di atas sudah cukup menjelaskan masalah klasik dari Celtics. Pertahanan masih terlalu angin-anginan. Hal ini juga tidak dibantu oleh rebound dari Celtics. Spurs membuat 41 rebound dan Celtics membuat 25. Baiklah, saya mengerti kalau sangatlah sulit untuk melakukan rebound kalau 3-pointer tim lawan adalah 50%. Tapi, serius deh, Si Duncan sendiri  membuat 15 rebound. Dua belas di antaranya adalah defensive rebound. Padahal persentase tembakan Celtics tidak buruk-buruk amat (53.2% dari dalam paint area).

TONY PARKER

Saya sedih melihat shot chart di bawah ini

Sumber: @ESPNstatsinfo

Coba perhatikan daerah yang berwarna merah. Terutama, daerah key hole. Parker memasukkan 9 dari 12 tembakannya di daerah tersebut. Artinya, 69% dari keseluruhan 26 poin Parker di pertandingan ini dibuatnya di dalam key hole. Seriuskah shot chart ini? Ada yang salah dengan pertahanan kalau seorang point guard musuh membuat 18 poin di daerah key hole.

OKC @ BOS 23 NOVEMBER 2012

CELTICS (108) vs THUNDER (100)

Sumber: celticstown.com

Celticstown.com menulis “Finally, a worthy win” untuk pertandingan ini. Saya sangat setuju dengan pernyataan beliau ini. Menang 8 poin dari Western Conference Champion adalah berita yang sangat bagus! Bahkan seorang teman, sesama pengasuh Celtics_ID mengakui bahwa dia sempat menitikkan air mata saat melihat kemenangan ini. Entah karena saking gembiranya atau karena memang sentimentil. Peace, bro :)).

Bermain dengan mantan anak didiknya, Kevin Garnett membuat 18 poin dan 9 rebound. Hampir saja ia membuat double-double di pertandingan ini. Paul Pierce juga tampil luar biasa dengan 27 poin. Sebanyak 22 poin dibuat Pierce pada paruh kedua pertandingan ini . Setelah pertandingan berakhir, ada satu pernyataan Pierce yang pantas dikutip (semoga rekan saya tidak meneteskan air mata lagi setelah membaca kalimat Pierce ini). Peace, bro :)). Pierce berkata:

“This is a gut-check type of a win, a ‘look yourself in the mirror’ type of game. … I know we are capable of playing against quality opponents.”

Kendrick Perkins, sang mantan Center Celtics tampil cukup baik dengan 9 rebound dan 5 poin. Perkins, sebelum pertandingan , mengakui bahwa melawan Celtics adalah sesuatu yang berat. Apalagi dia harus melawan mantan mentornya di Celtics, KG.

DOC DAN GARNETT

“[Garnett is] like a cell phone that you buy at the 7-Eleven. You’ve got 32 minutes, and if you went 33, then the phone would have been dead. We had to manage his minutes.”

Sumber: espn.go.com

Itulah komentar mengenai Garnett yang dibuat Doc setelah pertandingan. Sepertinya Doc ketularan penyakit Garnett yang pernah membuat analogi mengenai cara bermain Celtics. Garnett pernah berkomentar bahwa Celtics perlu bermain seperti Hyena. Sebab hyena berburu bersama. Tidak pernah sendirian. KG menekankan arti teamwork untuk Celtics.

Jadi apa yang ingin dikatakan oleh Doc dari pernyataannya tersebut?

Kira-kira beginilah penjelasannya. Dalam 13 pertandingan di musim ini, Garnett bermain rata-rata 28,6 menit. Waktu permainan rata-rata Garnett lebih singkat 2,5 menit dari musim lalu. Doc mengerti bahwa Garnett perlu banyak istirahat. Meskipun, harus saya akui, Garnett bermain sangat baik di pertandingan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: