Catatan Pertandingan Minggu Ke-3 Musim 2012-2013

18 Nov

BOS @ CHI 12 NOVEMBER 2012

BULLS (95) vs CELTICS (101)

Sumber: redsarmy.com

Kemenangan ini adalah kemenangan ke-4 Celtics. Posisi menang-kalah setelah pertandingan ini adalah 4-3. Bulls yang bermain tanpa franchise player mereka, Derrick Rose, tidak dapat mengungguli perolehan angka Celtics selama tiga quarter pertama. Namun sayangnya, pada quarter terakhir, Celtics sempat bermain scoreless selama lima menit.

JASON TERRY

Pertandingan ini adalah kali keduanya Jet dipasang sebagai starters. Jet membuat 13 poin, 1 rebound, 1 assist, dan 1 blok dalam pertandingan ini. Kemenangan kedua semenjak Jet menjadi starters. Jadi apakah Jet akan terus dipasang sebagai starter? SAKSIKAN KELANJUTANNYA.

BAGAIMANA DENGAN TIM LAWAN?

Seperti yang saya katakan pada pembukaan tulisan ini, Bulls bermain tanpa bintang mereka. Berita buruknya, Kirk Hinrich (PG) juga sedang cidera. Sebagai pengganti, Nate Robinson bermain menggantikan Kirk. Nate bermain cukup baik pada pertandingan ini dengan 11 poin dan 7 assist. Namun tak ada yang lebih luar biasa di pertandingan ini dibandingkan dengan Loul Deng. Perolehan 26 poin dan 11 rebound membuatnya menjadi pengumpul angka terbanyak di pertandingan ini. Tapi (untungnya) penampilan tersebut tak cukup untuk mengangkat Bulls dan memenangkan pertandingan.

BRANDON BASS

Senang rasanya melihat statistik Bass kali ini. Secara total Bass membukukan 16 poin, 5 rebound, 3 assist, 2 steal, dan 3 blok. This guy is doing a little bit of everything. Well, not “a little bit” if you consider his 16 points. Apabila digabungkan dengan Jared Sullinger, maka mereka berdua membuat 7 assist. Saya selalu senang melihat center/power forward yang pandai mengoper bola.

UT @ BOS 14 NOVEMBER 2012

JAZZ (93) vs CELTICS (98)

Sumber: beantownbanter.com

Pertandingan dibuka dengan tidak adanya assist dari Rondo. Saya sempat khawatir dengan hal ini. Sebab, Rondo saat ini sedang dalam proses memecahkan rekor Stockton dan Magic. Dua nama yang disebut barusan, membuat 10 assist lebih per game dalam 37 dan 46 game berturut-turut. Dalam pertandingan ini Rondo membuat 10 assist. Seharusnya dia bisa membuat lebih banyak assist kalau saja tidak didera cidera ankle di quarter 3.

LEANDRO BARBOSA SEBAGAI POINT GUARD

“That’s what we brought him in here for,” kata Paul Pierce saat ditanya komentarnya mengenai masuknya Barbosa sebagai point guard untuk menggantikan Rondo. Leandro tidak begitu banyak melakukan assist. Namun kontirbusinya pada poin (16 poin) dan kelincahannya cukup membuat Celtics punya nafas lebih untuk memenangkan pertandingan ini. Bahkan Doc berkata

“He bailed us out, not only just replacing Rondo. I thought our starters started the game out pretty flat and I thought our second unit with Courtney Lee and Barbosa, Jared (Sullinger), that group gave us a spurt, Jeff Green. Then obviously Rondo goes out in the second half and just putting LB in and we didn’t run much because he doesn’t know much.  But everything was basically pick-and-rolls. We told him to just keep attacking to the basket and we’ll figure it out from there.”

BENCH POWER

Berapa poin yang dibuat pemain cadangan dalam pertandingan ini? EMPAT PULUH TUJUH poin. Bahkan sampai setengah babak ke-4, bench sudah mengumpulkan 42 poin. Dipimpin oleh Barbosa dan Paman Jeff Green yang masing-masing membukukan 16 poin, total 47 poin yang mereka buat sama dengan 48% dari keseluruhan poin yang diperoleh Celtics malam itu.

BOS @ BKN 15 NOVEMBER 2012

NETS (107) vs CELTICS (92)

Sumber: media.zenfs.com

Celtics tidak bisa mengambil keuntungan dari cidera kecil yang dialami oleh Deron Williams di awal pertandingan ini. Deron Williams tertabrak pada saat melakukan gerakan memutar sehingga ankle atau telapak kakinya terkilir. Apalagi ditambah dengan kesalahan fatal yang dibuat Paul Pierce di game ini. Pierce gagal memasukkan kedua free throw krusial di menit-menit akhir. Hal ini tidak membantu Celtics dalam meraih kemenangan.

Barbosa kembali menjadi point guard untuk menggantikan Rondo yang masih cidera. Barbosa memang bukan Rondo. Dua assist yang dibuatnya memang januh di bawah rata-rata assist Rondo di musim ini. Tapi, kecepatannya cukup berguna untuk membuat tempo permainan naik dan membuat defense musuh kewalahan. Barbosa membukukan 17 poin dalam pertandingan ini.

COURTNEY LEE

Total perolehan poin Courtney Lee pada game ini membuat saya seakan ingin bertanya kepadanya “Ke mana aja lu?” Tapi, serius, satu hal yang lebih luar biasa dari 13 angka pada pertandingan tersebut adalah persentase tembakannya. Courtney memasukkan 50% dari keseluruhan tembakannya (tembakan 3 angka maupun 2 angka). Serius, deh. Courtney, ke mana aja lu? Kenapa tidak dari dulu elo bagus begini? Asal tahu saja, rata-rata point per game Lee dalam 10 pertandingan terakhir hanya 5.9.

Semoga bisa dipertahankan.

TOR @ BOS 17 NOVEMBER 2012

CELTICS (107) vs RAPTORS (89)

Sumber: boston.com

Perbedaan 18 poin membuat ini menjadi kemenangan terbesar selama musim 2012-2013. Kembalinya Rondo dari absen karena cidera membuat Celtics memperoleh rohnya kembali. Dalam pertandingan ini, Rondo membuat 20 assist.

Dalam pertandingan ini, Celtics bersinar di awal dan di akhir. Celtics membuka game dengan keunggulan 30-17 di quarter 1. Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Pada quarter 2, Raptors berhasil membuat 16 poin dengan cepat. Untung saja Celtics kembali bersinar di quarter 3.

JASON TERRY DAN JARED SULLINGER

Terry adalah pengumpul poin terbanyak dalam pertandingan ini. Terry membukukan 20 poin dan 2 rebound. Disusul dengan Pierce dan Garnet yang, berturut-turut membuat 19 dan 15 poin.

Namun berita yang paling menggembirakan saya bukan datang dari Jet Terry. Tapi, datang dari Jared Sullinger. Tahun lalu, Celtics menjadi bulan-bulanan di internet karena rebound-nya. Melihat 11 rebound yang dibuat Sullinger seakan membuat harapan saya naik. Saya yakin masih ada perkembangan baik yang bisa diharapkan dalam hal rebound. Sullinger membuat satu-satunya double-double malam itu dengan 12 poin dan 11 rebound.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: