Catatan Pertandingan PHI@BOS 9 November 2012

10 Nov

Sumber: celticsblog.com

BOSTON (100) VS PHILADELPHIA (106)

Kekalahan kedua di kandang atas 76ers membuat para analis mulai “kreatif”. Artinya, mereka mulai mencari anomali yang terjadi di kubu Celtics setelah kekalahan keduanya ini. Tentu saja, apapun itu yang mereka temukan, selalu coba didukung oleh data statistik. Kali ini ada satu temuan menarik yang saya rasa pantas jadi perhatian khusus pada keseluruhan tulisan ini.

Semua fans Celtics tahu betapa berjuangnya tim ini dalam hal defense. Bahkan saya mulai merasa kurang kreatif ketika untuk kesekian kalinya harus menuliskan defense sebagai kelemahan utama Celtics. Sayangnya, bagi kamus Celtics, definisi kata defense adalah KEVIN GARNETT. Sebagai seorang veteran yang sudah 18 tahun bermain, peran KG dalam pertahanan belum bisa digantikan. Dalam lima pertandingan terakhir, rata-rata Boston +2,8 saat KG bermain dan -15.5 saat KG tak bermain. Artinya, naiknya defense akibat kehadiran KG membuat Boston Celtics mencetak lebih banyak angka daripada tim lawan. Sedangkan ketidakhadiran KG membuat tim lawan lebih banyak membuat poin. Saya akui bahwa angka tersebut seakan terlalu fantastis untuk dibebankan pada seorang veteran yang bahkan sudah sampai 3 kali berganti sponsor sepatu ini (tolong tendang saya kalau saya salah hitung).

“Right now, if y’all want to focus on something, that’s what you should focus on: What are we going to do when Kevin goes off the floor in the first half? Because every time we do it — and we have to do it — we’re struggling,” kata Doc Rivers

“Nothing is happening right [without Garnett], it’s just chaos.” kata Rondo.

Cukup tentang KG. Mari kita percayakan masalah ini kepada manajemen tim. Terutama kepada Paman Keyon “The Rev.” Dooling. Mantan pemain Celtics yang saat ini menjadi Player Development Coordinator. Bahkan seorang blogger Celtics dari luar negeri mengakui Dooling sebagai “…a calming presence in the locker room.” Seorang motivator di locker room. Beri dia waktu untuk beraksi. Mungkin belum terlihat sumbangsihnya di pertandingan ini. Tapi saya yakin Celtics tak salah mempekerjakannya kembali.

JET, DARKO, BASS, DAN BARBOSA

Dengan 13 poin, 1 assist, dan 1 steal, Jet sudah melakukan tugasnya dengan baik. Namun tidak demikian dengan Barbosa yang pada pertandingan ini hanya menghasilkan 2 poin, 2 assist, dan 2 rebound. Dua pemain ini perlu dibahas karena ada banyak harapan di pundak-pundak mereka. Sedangkan Darko tak bermain. Sebenarnya Celtics hanya punya dua Center murni yaitu Darko Milicic dan Jason Collins. Sepertinya Doc masih enggan memainkan Darko karena lineup 76ers yang terbilang kecil-kecil. Cukup masuk akal karena terbukti Celtics sempat direpotkan oleh lineup kecil ini pada half kedua pertandingan.

Pertandingan berikutnya adalah partai balas dendam terhadap Bucks. Kita doakan yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: