Kapten dan Hyena: Catatan Pertandingan MIL@BOS dan BOS@WA 2-3 November 2012

5 Nov

Celtics (88) – Bucks (99)

Sumber: espn.go.com

Pertandingan diawali dengan buruk dan (sebenarnya) diakhiri dengan peningkatan permainan di kubu Celtics. Saya katakan demikian karena Boston membuat poin lebih banyak dari Bucks hanya pada quarter terakhir. Sayangnya keunggulan ini tidak cukup besar untuk membuat Celtics unggul.

PENAMPILAN JENNINGS DAN JUMLAH TURNOVERS

Brandon Jennings tampil luar biasa dalam pertandingan ini. Secara total Jennings mengumpulkan 21 poin dan 13 assist. Disusul oleh Tobias Harris dan Monta Ellis yang masing-masing membuat 18 dan 14 poin. Bucks dapat memanfaatkan turnovers dari Celtics dengan lebih baik. Sebanyak 18 turnovers Celtics membuahkan 19 poin untuk Bucks. Bandingkan dengan 19 turnovers Bucks yang hanya dapat dimanfaatkan Celtics untuk mendapatkan 13 poin. Perbedaan 6 poin (19 vs 13) ini menjadi signifikan mengingat perbedaan 11 angka pada hasil akhir pertandingan ini. Seharusnya Celtics lebih bisa memanfaatkan turnovers Bucks dengan lebih baik.

DEFENSE

Fans Celtics menantikan peningkatan defense pada pertandingan ini. Saya akan membiarkan angka berbicara. Kalau kita bandingkan dengan pertandingan pertama melawan Heat (yang adalah juara bertahan), berikut adalah angkanya:

Persentase keberhasilan tembakan 3 angka: Heat 50%, Bucks 44,4%

Persentase keberhasilan tembakan 2 angka: Heat 54.4%, Bucks 46,5%

Kalau dilihat sekilas memang ada peningkatan. Tapi kita sedang membandingkan juara NBA (Heat) dengan Bucks yang tahun lalu hanya peringkat tiga di Central Division. Tahun lalu

KAPTEN

Akibat dua foul yang dilakukannya di quarter 1, Paul Pierce diistirahatkan terlalu cepat ke bangku cadangan. Beliau terpaksa duduk di bangku cadangan saat quarter 1 masih tersisa 6:06 menit. Hal ini buruk. Mengingat Paul adalah lumbung poin bagi Celtics.

BERITA BAIKNYA ADALAH

Jeff Green membuat 11 angka. Senang melihat Om Green yang sempat cidera membuat poin double digit.

Masih ada 82 pertandingan lagi. Masih ada banyak waktu untuk mendapatkan momentum. Banyak yang mengatakan bahwa Celtics seperti sedang dilanda krisis identitas. Entah apa maksud dari kritik tersebut. Bahkan fans yang menonton langsung di TD GArden memberikan teriakan “Boooo…,” pada saat Celtics memasuki ruang ganti di halftime. Tapi satu hal yang jelas, saya masih percaya tim ini bisa jauh lebih baik.

Wizard (86) – Celtics (89)

Sumber: molweni.blog.co.uk

Setelah kekalahan dari Milwaukee Bucks, ini lah yang dikatakan Garnett kepada rekan-rekan satu timnya

“Hyenas. Running in packs means that we help each other,” he said. “Since I’ve been here, we’ve built the code on what these great organizations have been built on — and that’s history. And that’s gained not by individual, but by team. And I just spoke upon that with everybody in here, without the coaches and everybody. Just letting all the new guys know what it is to be a [Celtic], reiterating that and letting them understand the severity of putting this jersey on and everything that comes with it. I won’t go into that — it’s none of y’all business — but I had to reiterate it tonight. I thought tonight was the perfect night to do that.”

KG menekankan pentingnya teamwork.

AWAL YANG BAIK

Sepertinya semangat hyena yang ditularkan KG berpengaruh baik. Celtics memulai quarter 1 dengan keunggulan 17-2 sampai 7 menit pertama.Pertandingan ini juga adalah awal yang baik bagi Jared Sullinger yang pertama kalinya menjadi starter. Sullinger mengumpulkan 4 poin dan 4 foul dalam pertandingan ini.

DEFENSE (LAGI)

Defense mengalami peningkatan tapi belum konsisten. Celtics memaksa Wizards melakukan 15 turnovers yang menghasilkan 13 poin. Namun defense terkesan cepat turun (cepat lelah) dan ini terbukti dengan perbandingan perolehan poin per-quarter pada game ini. Celtics hanya melampaui perolehan poin WIzard pada quarter pertama. Berikut adalah perolehan lengkapnya:

1 2 3 4 T
BOS 26 23 22 18 89
WA 12 30 25 19 86

Ada satu fakta yang tak boleh dilewatkan di pertandingan ini. WIzards bermain tanpa John Wall dan Nene. Dua andalan mereka.

DIBAYAR LUNAS OLEH SANG KAPTEN

Pierce yang pada pertandingan sebelumnya terlalu cepat dan terlalu banyak melakukan foul, membayar lunas semuanya di pertandingan ini. Pierce membukukan 27 poin dan 7 rebound. Pierce adalah pengumpul angka terbanyak di pertandingan ini. Bahkan pada menit-menit akhir saat kedudukan 84-86, Pierce berhasil memasukkan tembakan 3 angka dan membuat kedudukan menjadi 87-86.

Celtics memang agak tertatih-tatih dalam memperoleh kemenangan ini. Bagaimanapun kemenangan tetaplah sesuatu yang menyenangkan. A win is a win. Terimakasih, Celtics.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: