Pra-Pertandingan: MIL @ BOS 2 November 2012

2 Nov

Sumber: bleacherreport.com

Pertandingan kandang pertama di musim ini! Tamu pertama Celtics adalah Milwaukee Bucks. Ada beberapa catatan saya untuk pertandingan ini.

Saatnya Defense untuk BELAJAR

Adanya Monta Ellis dan Brandon Jennings di Bucks adalah berita baik bagi Celtics. Hal ini karena dua point guard tersebut adalah penyerang yang handal. Meminjam istilah pelatih tim basket kampus saya dulu, mereka berdua ini adalah “Anjing balap”. Di pertandingan sebelumnya, defense adalah masalah utama Celtics. Karena itu, pertandingan ini adalah saat yang tepat untuk menguji pertahanan. Saat yang tepat agar Celtics bisa belajar untuk meningkatkan defense. Dari beberapa analisa di internet, kedua point guard ini dikatakan bisa didaulat untuk bermain isolation atau pick and roll dengan Ellis sebagai target man. Artinya, defense Celtics akan dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi.

Akan Terjadi Matchup menarik di Backcourt

Ellis-Jennings akan berhadapan dengan Lee-Rondo. Courtney Lee sepertinya akan tetap dipasang menjadi starter seperti pada pertandingan pertama melawan Heat. Performa Lee di pertandingan pertamanya sebagai starter tidaklah buruk. Secara total dia mengumpulkan 11 angka, 1 rebound, dan satu assist. Persentase tembakan Lee adalah 83%. Menurut saya di pertandingan ini Lee akan coba membuktikan sesuatu di depan fans Celtics di TD Garden. Lee akan tampil ngotot untuk membayar kepercaraan Doc. Melihat aksi Lee akan jadi sesuatu yang menarik.

Dalam satu wawancara dengan radio WEII beberapa saat setelah pertandingan melawan Heat, Doc mengomentari pertanyaan tentang Rondo dengan

“Yeah, he could, but I think it would be hard to run the team and be as aggressive as I need him to be offensively and do it full-time. I think that would be asking a lot.”

Ini adalah keinginan Doc agar Rondo lebih fokus di penyerangan.

Di sinilah letak menariknya matchup Ellis-Jennings vs Lee-Rondo. Dua point guard haus poin (Ellis-Jennings) akan berhadapan dengan satu guard haus pembuktian (Lee) dan satu point guard yang (meskipun timnya mendapat kritik di defense) malah diminta untuk berkonsetrasi ke penyerangan.

Kevin Garnett

Ada pertanyaan menarik dari rekan sesama administrator Celtics_ID. Katanya “Kira-kira KG bakal negur Marquis Daniels ga?” Dia merujuk kepada Marquis yang dulu sempat bermain untuk Celtics dan sekarang untuk Bucks. Pertanyaan yang lucu tapi masuk akal mengingat KG adalah manusia yang intenisity-nya tinggi (maaf saya tak menemukan padanan Bahasa Indonesia yang pas). Jangan lupa bahwa KG sempet nyuekin Allen di pertandingan sebelumnya. Ketika saya jawab tidak, rekan saya ini kemudian menjawab sendiri pertanyaannya dengan “Tapi gabakal dilebih-lebihin media kali ya.. Pas Big Baby sama Perk ke Boston aja KG ketawa-ketawa bareng.” Pernyataan ini merujuk kepada Big Baby Davis dan Kendrick Perkins yang bercanda dengan KG saat mereka berkunjung ke BOston saat sudah tak membela Celtics. Lagipula, kalau dilihat dari foto di bawah, KG dan Allen ternyata sempat toss di lapangan. Baikan nih yeee.

Sumber: redsarmy.com

Setelah Bucks, keesokan harinya Celtics akan bertandang ke kandang Washington Wizards. Saya penasaran dengan rotasi pemain yang akan dilakukan Doc. Rasanya perlu jadi perhatian di tulisan berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: