Catatan Pertandingan: BOS @ MIA 30 Oktober 2012

31 Oct

Sumber: espn.go.com

Saya ingin mengawali tulisan ini dengan ajakan. Ajakan buat semua penggemar Boston Celtics di Indonesia untuk menjadi kontributor blog ini. Ada banyak sudut pandang dalam satu pertandingan. Apa yang jadi perhatian dan catatan saya di pertandingan ini sangat mungkin berbeda dengan apa yang ada di benak Anda. Kirimkan tulisan ke celticsindonesia@gmail.com. Ayo kita bikin ramai blog ini.

Baiklah. Mari kita mulai.

Saya yakin semua fans Celtics setuju bahwa defense adalah kelemahan utama tim kita di pertandingan ini. Coba kita intip beberapa play yang oleh akun NBA di Youtube dianggap pantas dapat perhatian khusus.

1st HALF

HEAT

  • FASTBREAK. Operan LeBron kepada Wade yang sedang berlari dari arah baseline kanan. Diselesaikan dengan alley-oop. Tak ada satupun Celtic yang melihat Wade menuju ring.
  • Norris Cole berlari dari arah baseline kanan, passing kepada Allen, lalu 3-pointer dari Allen. Sebenarnya defense Celtic tak terlalu jelek di play ini dan penembak dari tim lawan adalah Ray Allen. Dimaafkan tapi harusnya diperbaiki. Seperti kata Doc RIvers “..you don’t give open threes in the corner (to Allen)….”
  • FASTBREAK. Wade mencoba menerobos ke tengah keyhole. Dua Celtic menjaga Wade dan ia terpaksa mengoper kepada Rashard Lewis di daerah three-point tengah. Rashard Lewis menyelesaikannya dengan memberikan tiga angka tambahan untuk Heat.
  • Operan Bosh kepada LeBron yang berlari dari dari baseline kanan. Diselesaikan dengan alley-oop.
  • Cerita yang hampir sama dengan fastbreak Wade-Lewis. Tapi kali ini dilakukan oleh Shane Battier dan Ray Allen. Pertahanan Celtics bagus di play ini. Tapi, sekali lagi, penembak dari tim lawan adalah Allen. Man he’s good.
  • FASTBREAK. Blok dari Bosh menjadi pemicu dari fastbreak ini. LeBron menyelesaikannya dengan slam dunk.

CELTICS

  • FASTBREAK. Operan Rondo kepada Pierce yang berlari di sisi kanan ring. Diselesaikan dengan lay-up mantap.
  • Aksi individual Jet Terry mengecoh tiga pemain Heat dan diselesaikan dengan lay-up kanan. Poin dan bonus free throw untuk Jet.
  • FASTBREAK. Aksi individual Rondo yang diselesaikannya dengan lay-up di depan Rashard Lewis.

2nd HALF

HEAT

  • Aksi individual Dwayne Wade. Bagus tapi tidak menarik untuk dibahas. Lanjut!
  • Mario Chalmers passing kepada Bosh yang masuk dari baseline kiri. Satu slam dunk dan poin.
  • LeBron yang berencana melakukan 3-pointer tapi kakinya menginjak garis 3-point. Tidak menarik juga. Lanjut!
  • Bosh rebound, passing kepada Chalmers, passing lagi kepada Wade, dan slam dunk. Wade masuk dari baseline kiri.
  • Bosh melakukan post-play. Efektif tapi tidak menarik untuk dibahas.
  • Satu lagi post-play dari Bosh.

CELTICS

  • Operan Rondo diselesaikan dengan fade-away jumper khas Garnett.
  • FASTBREAK. Rondo passing kepada Barbosa, lay-up kiri dan selesai. Loncatan Barbosa di play ini luar biasa.

Beberapa highlight tersebut bisa jadi gambaran pertandingan ini. Ada satu hal yang mengganggu saya. Baseline. Dari seluruh highlight, tercatat ada empat serangan mudah dari daerah baseline. Entah berapa jumlah keseluruhannya. Saya memperhatikan daerah ini tidak di-cover dengan baik oleh pertahanan Celtics. Semua pemain basket tahu bahwa kalau daerah ini dapat dieksploitasi dengan mudah oleh lawan, maka ada kesalahan fundamental dalam pertahanan tim. Pertahanan adalah PR besar Doc Rivers.

Apakah kemudian saya tidak optimis dengan Celtics di musim ini? Tentu saja tidak. Jangan lupa kalau yang kita lawan adalah Heat. Juara bertahan. Tim Celtics tahun ini adalah tim dengan dua pemain veteran baru dan dengan banyak pemain muda. Beberapa fans berkicau di Twitter mengenai belum klik-nya tim ini. Mungkin hal ini benar. Mungkin memang mereka belum benar-benar klik. Tapi satu hal yang jelas, selisih 13 poin dari tim juara bertahan adalah permulaan yang baik. Bisa dibilang bahwa kita memulai musim ini dengan lawan terberat. There are so much room for improvements in our next games.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: